Letakanlah teman pada tempatnya

Dari semua tempat di amsterdam saya punya beberapa tempat favorit untuk menyendiri salah satunya yg akan saya bahas kali ini adalah sebuah cafe di daerah Haarlemmerstraat tak jauh dari sudut jalannya. pertama nyasar kesini karena kedinginan dijalan😀 sebenarnya kurang merasa nyaman dengan suasana yg terlihat dari depan tapi karena saya takut mati kedinginan dan kebetulan juga mau janjian dengan salah seorang teman daripada lebih jauh saya berjalan maka saya putuskan masuk dan duduk disini. Serasa memasuki dunia lain karena ternyata didalam sini menjual lintingan ganja kecil , apakah saya mencobanya ? mungkin kalau ganjanya berbentuk sambal hijau nasi padang jelasss saya akan mencobanya ahahaha dari awal duduk dan memesan teh panas saya sudah merasa nyaman bukan karena tempatnya keren banget, tapi lebih karena disini saya menemukan kesunyian jauh dari mata orang orang yg selama saya berada di amsterdam selalu menyorot tajam. akhirnya sampai teman saya datang dan selesai semua urusan saya masih bertahan beberapa lama hanya sekedar duduk melamun , alhasil beberapa kali akhirnya saya sering ke cafe ini selain tempatnya yg bagi saya seperti tempat melarikan diri kebetulan juga sangat dekat dengan central station jadi cukup mudah saya menjangkaunya.

Dan karena hari ini saya mengalami sesuatu yg sangat personal maka saya langsung teringat dengan cafe tersebut , di medio desember 2014 kemarin beberapa kali saya merasa sangat sedih dan sampai menangis dimeja pojoknya karena memikirkan seseorang yg sampai sejauh saya melintas samudera dan benua biru ini saya malah dikecewakan oleh banyak orang belum lagi semua suara sumbang, tapi yg paling saya sesalkan salah satu dari mereka adalah sahabat terbaik saya berpuluh kisah pernah kita jejakkan di amsterdam bersama lebih dari separuh eropa kami jajah berdua , tapi saya malah mendengar dia orang pertama yg merangkai aib cerita tentang saya , bagaimana perasaan saya ? sangat mengenaskan, kecewa , marah sudah menjalar tapi apa yg bisa saya lakukan ? saya terlalu sayang dengannya … bolehlah semua orang bicara persabatan kami rusak retak atau apalah tapi saya masih bersikap waras dengan diam tak ikut berkomentar diantara riuhnya kecaman yg menuduh saya ‘bajingan berjalan’ .

Berbulan rasa saya merindukan dia , disetiap sudut jalan belanda yg pernah kita lewati bersama saya selalu menangis mengingatnya tapi sepertinya semua memang sudah diatur seperti ini, sekali waktu kau harus melepaskanku sendiri disini dan akhirnya ketika hari ini dia berkirim pesan kepadaku sepanjang belasan kalimat dengan permohonan meminta maaf itu sudah cukup membuatku bahagia apakah saya memaafkanmu teman ? tidaklah tak perlu sebenarnya dia meminta maaf .. bahkan menyalahkanmu pun saya tidak pernah.

Andai dia tahu , no whatsapp pun tidak saya ganti karena saya selalu menunggunya kembali, walau dengan tetap memakai no tsb lebih dari separuh kontak di dalamnya sangat membuat hp saya menderita , ya walau sekarang saya masih belum mampu membalas pesan darimu yg terpenting sekarang dia kembali percaya padaku. Tunggu saya lebih sukses lagi ya kawan sesuai janji tulisan kita dulu kita akan kembali di liburan somer 2016 dan kita bisa bersantai kembali di bangku mercatorplein menikmati makanan dari supermarket dirk di sampingnya.

Dan belanda memang mengajarkan saya sekarang untuk benar benar memilah teman, tak semua orang yg berkenalan bisa kita jadikan teman betapa sering akhirnya saya bertemu dengan banyak pihak yg sangat konyol dalam bersikap menilai orang hanya sekedar dari omongan orang lain atau bertemu orang yg didepan kita bersikap sangat baik ternyata dibelakang malah ikut bercerita ketika kita digosipkan.

Sebenarnya judul tulisan ini lebih tepat adalah buanglah teman pada tempatnya

Dan di iringi lagu dari Carole King – You’ve Got a Friend pahamilah

Teman yg baik adalah teman yg mau mengkritik di depanmu, mau memaafkan kesalahanmu dan mau mengakui bahwa kita berteman.

M n M

 megha setyawan

Before Sunrise

Owh jesse

Owh jesse

aku berkenalan dengan mu lewat sekilas harapan dan lewat seutas tali rasa penasaran

Denhaag, 10 januari 2015

Angin diluar kamar menderu sangat kencang, rasanya pas banget sama suasana hati yang sedang meracau , bukan karena galau tapi tiba tiba ada sesuatu yg aneh . Ceritanya hari ini dapat sedikit pertanyaan dari seorang teman

Pernahkah kamu menyukai seseorang, tapi tanpa pernah ingin memilikinya ?

Dengan santai ya dijawab , gak 😀
Karena saya merasa sudah memiliki cinta saya, siapa emang ? Ya suami lah masak bondan prakoso ( yang disebut ini mantan pacar gak boleh protes 😅 )

Oke terus lanjutlah curcolnya, dia sedang ‘menyuka’ kita anggap itu bahasa kekinian yg paling tepat ya menggambarkan hatinya, dia bilang hanya butuh bercengkrama lewat komunikasi katanya sudah membuat ‘happy’ dan saya hanya tersenyum kecut , adakah perasaan seperti itu.

Dalam jumpa pertama dia sudah menyuka, dan ngotot bilang bukan mendamba apalagi ingin bercinta nah loo tambah rumit kan, karep e apa coba ? Jawabnya hanya menyuka

Dimulailah chat random antara saya dan dia di room pesan online

Ya udah kan hanya suka, kenapa sampai kamu bingung malam malam ngajak curhat ? Tanya saya
Karena aku harus bilang , supaya tak terlalu sakit aku memendam

Ya udah bilang aja sana ama dia

Sudah

Bagus lo, terus jawabnya apa ?

Tenang , santai aja kalau sama saya, itu ucapnya
Kan aku semakin gila membayangkannya

Kenapa kamu mesti gila ? Dia sudah menghargai perasaanmu dengan tetap menjawab pernyataanmu

Kenapa kamu gak tanya megha, kenapa aku bercerita padamu ?

Oh iya emang kenapa ?

Karena ini hasil referensimu, ini sebenarnya salahmu

Nah looo kok malah saya ?
Emang hubungannya apa referensiku dengan dia

Kamu yg telah meracuniku dengan film favoritmu before sunrise, kenapa kau kenalkan film itu padaku yg mengendap dalam asaku bahwa ada jesse di dunia ini

Ampun ! Semua juga tau kalau itu film favoritku pastilah aku rekom ke semua orang

Tapi dia terlalu mirip dengan ‘jesse’ ku megha, melihatnya pertama sudah membuatku terpana dengan alur cerita bicaranya
* dan dilanjutkanlah dengan banyak pembuktian bahwa cowok itulah jesse nya di dunia *

Setelah basa basi sejenak akhirnya saya akhiri penderitaan curhat malam ini, tapi ini dia masalahnya kok akhirnya saya yg ikut galau larut kedalam cerita teman saya tersebut, iseng nonton film before sunrise sebelum tidur.

Dan wow saya nangis saudara saudara, jadi tiba tiba merasa bersalah karena tadi sangat cuek memberikan tanggapan ke teman saya, baru tersadar kenapa dia sampai bingung seperti itu karena terjebak nostalgia menikmati setiap obrolan ringan seperti yg dia bayangkan sosok jesse di film ini, apakah itu aneh sekarang saya baru sadar tentu tidak. wajar dia akhirnya menemukan ‘suka’ sejati dari apa yg diharapkan lewat mimpi masa muda kami dulu ketika menggebu berharap menemukan teman hidup yg akan disamping kita selalu saling membagi cerita, tapi mungkin dia hanya gundah karena merasa bersalah karena menyuka disaat sudah berdua.

Jadi double lah galau malam ini, saya sukses berat kangen sama suami ah betapa bersyukur saya memiliki patnert abadi yg selalu mau bercerita atau tepatnya mendengarkan saya ‘siaran’ 😁 apalagi sampai 14 tahun ini.

Walau tak semirip jesse di before sunrise , setidaknya saya memiliki suami yg akan selalu bilang setiap malam “nduk, makasih ya sudah menemani hari ini” entah secara langsung atau lewat chat seperti sekarang ini ketika saya sedang melarikan diri beda benua.

Jadi apakah menyuka itu, ya saya tau teman itu perasaan indah untukmu yang kau bilang tak perlu penjelasan hanya ingin kelanjutan pembahasan antara kau dan jesse mu.
Sebagai orang yg kau tuduh salah karena sudah mengenalkan jesse dalam hidupmu saya hanya bisa berpesan Ketika kau sudah banyak bercerita dengannya, bertukar canda. Namun saat sepi menyapa, apakah kau akan tersadar ‘menyuka’ itu hanya ilusi belaka ???

Bisnis online dan cerita tentang karyawan

Kali ini tulisan saya tidak mengandung curhat tapi lebih ke pengalaman pribadi beberapa waktu yang lalu abis besar besaran kehilangan karyawan😀 nah apa bedanya ???

Ya beda donk kalau curhat kan hanya ditulis aja sesuai dengan perasaan hati , yang saya tulis ini mungkin lebih ke langkah langkah antipasti saya terhadap karyawan sehingga bias tetap tercipta kelancaran progress kerja, alias share tips ala ala saya dalam hire karyawan untuk bisnis online.

Jadi ceritanya dalam beberapa bulan terakhir 95% karyawan di kantor saya berganti !

Kalau dituduh karena saya juahat banget yaa gak salah ya gak bener juga hehehe

Kalau saya melihat mungkin karena  kasus hukum terakhir yg kami alami, banyak karyawan kami yang belum kuat mental , ini  mungkin wajar mereka manusia yang pasti ingin mencari rasa aman, dalam pandangan mereka mungkin situasi usaha di kantor sangat tidak jelas … tapi Alhamdulillah tidak perlu waktu lama kami sudah mendapatkan penganti nya yang lagi lagi diluar harapan kami LEBIH BAGUS !

Tapi yang bikin saya stress adalah resign nya 2 karyawan terakhir , tanpa ada pemberitahuan ataupun pamitan mereka tiba tiba keluar dan sepertinya sudah direncanakan karena pas banget sehari setelah gajian tidak kembali lagi ngantor hikhik dan sumpah sakitnya tuh bukan disini lagi *nunjuk dada tapi udah kemana mana kakak L

Dari pengalaman tersebut sekarang ada beberapa hal yg baiknya kita lakukan dan hindari dengan karyawan kita , tapi inget ini ala ala saya lo yaa yg masih bisnis online omset belum milyaran per bulan masih di angep UKM NetPreneur

  • Tanggung Jawab

Dari awal kita harus menekankan tanggung jawab kepada calon karyawan , mungkin di awal interview mereka keliatan baik banget dan cute abis, stop jangan percaya ! berikan mereka tanggung jawab langsung dan harus bias kita lihat hasil dan reportnya setiap hari , sekarang ini saya punya batasan 1 minggu untuk test sejauh mana mereka paham tanggung jawab masing masing, jika diluar tenggat waktu dan bahkan diberi arahan belum paham apalagi tidak bias menerima input sudahlah PECAT saja. Gak bayangin kan punya karyawan seperti ini malah membuat yg lain kurang ‘kreatif’

  • Hormat

Dalam hal ini saya gak bilang sebagai pimpinan kita gila hormat yaa atau sampai kasih salam pas ketemu aja nunduk segala *berasa ratu Elizabeth😀

Yang dimaksud lebih ke semua personil di kantor entah dengan bawahan mereka, rekan setingkat dan pimpinan pastinya , baiknya dimulai dari pimpinan sih kita yg pertama harus lebih respek dengan mereka tapi awas jangan berlebihan yaa , karena kemarin sempet mungkin saya dan suami terlalu baik , jadinya ada beberapa karyawan yang malah saya lihat terlalu kurang sopan ketika berkomunikasi dengan kami, so’ secukupnya aja

  • Reward

Buat target itu pasti tapi jangan dilupakan juga bonus untuk mereka, berbagi kebahagian mungkin bias dengan banyak hal tapi jika berupa materi saya yakin mereka banyak yang lebih membutuhkan *pengalaman pribadi jadi staff juga dulu*

  • Role Model

Sebagai pimpinan kita seperti artis yang gak ada habisnya dibahas sama karyawan , jadi jangan sampai menampilkan aura fisik yg gak oke bukan berarti juga mesti dandan heboh kayak syahrini kok minimal sopan dan rapi sesuai aturan kan tor kita , dan lebih penting lagi bias ngomong atau nyampein semua keluhan dan masukan ke karyawan tapi porsinya juga mesti pas  pertama selalu bayangkan kita di posisi mereka , karyawan juga bukan robot kan ? mereka manusia biasa seperti kita ada badmood , lagi putus cinta punya istri atau suami dll, penting tidak membahas masalah ketika mood masih panas ! dan berlakukan kesempatan kedua J jika masih diulangi kalau saya pribadi tidak akan sungkan mengeluarkan sanksi

Jadilah orang terpercaya di depan mereka ,Fleksibel tapi  tetap konsisten .

 

Tapi jangan lupa Me Time yaaa

Pimpinan pun juga manusia biasa

Sekali waktu tertawa didepan karyawan yakin bias bikin mereka sedikit santai , syukur syukur omset tambah naik😀

 

 

 

Kemalangan Luar Biasa

Warning Tulisan ini mengandung Drama , tapi gak se drama film film nya soo ji sub kok😀

 

Judul di atas mungkin sudah sangat familiar sekarang di kalangan pecinta novel dan film romantic termasuk saya, tapi bedanya ditulisan saya kali ini saya tidak akan membahas tentang buku tersebut ataupun synopsis film the fault in our stars yang sangat booming itu.

Ditulisan kali ini mungkin akan saya anggap sebagai surat terbuka untuk semua pihak yang belakangan ini sangat dekat dengan saya dalam hal urusan bisnis dan mungkin akan saya ceritakan hingga ke beberapa seri

Kenapa harus di tulis di blog ? karena saya secara pribadi menganggap sama sekali tidak ada ruang dan kesempatan dari semua orang untuk menjelaskan , masing masing orang hanya berpikir dengan kepentingan masing masing , disini saya tidak berharap saya dianggap benar saya hanya ingin di dengarkan dari sisi yang saya alami.

Yang pertama akan saya ceritakan tentang satu orang yang sampai setahun belakangan ini sudah saya anggap seperti kakak sendiri , kita anggap dia bernama RINA  saya kenal rina ketika mulai berkomunitas di salah satu komunitas bisnis wanita di Surabaya, jarang sekali kami berbicara ketika bertemu tapi saya akan selalu ingat dia orang pertama yang menyapa saya ketika saya pertama kali datang di acara gathering, saya yakin secara personal mbak rina ini baik, ramah dan menyenangkan sehingga ketika bulan april 2013 saya berkeinginan mengajak kerjasama karena menurut saya dia orang yang bisa diandalkan dengan semangatnya.

Mulailah kami bekerjasama membuat beberapa produk yang menurut mbak rina sudah ada market yang cukup besar sehingga kami hanya perlu mencari investor yang berminat dan beruntungnya tidak terlalu lama kami dibantu oleh salah satu temanku dari kantor dulu sebut saja fina dalam masalah permodalan, disinilah juga awal saya berkenalan dengan distributor yang akan membeli produk yang kami produksi secara massal sekarang kita sebut dia dengan nama Tari.

Saya yakin semua orang usaha akan berharap untuk segera sukses dan berkembang, yang terjadi dalam perjalan bisnis kami hampir seperti yang lainnya terjadi masalah yang akhirnya susul menyusul yang pertama susahnya komunikasi dengan Fina penyandang modal utama yang berakibat putusnya hubungan kerja, tapi saya dengan Rina masih terus melanjutkan karena kami yakin ini akan menjadi besar dan dibantu oleh Tari kami semakin bersemangat, walaupun masalah teknis dan lain sebagainya semakin besar kami masih Kompak .

Hingga suatu hari suami memperkenalkan dengan salah satu pihak konveksi yang sangat terlihat kredibel mereka berdua sekarang kita sebut dengan duo hanoman dan kayangan, kenapa nama samarannya saya bikin aneh sekali ya karena di awal saya berharap sangat tinggi kepada mereka berdua seperti di awang awang kerajaan dewa dewi tapi kenyataannya ? bisa dibaca di akhir cerita saya tidak lebih dari cerita perang pandawa dan kurawa L

Mulailah kami berdua bekerja sama dengan duo konveksi tersebut ternyata mutu kerjanya sangat tidak memuaskan hingga seringnya kami dicaci maki oleh pihak distributor dan customer , dan disinilah keretakan itu semakin terasa mbak rina semakin tidak bersemangat saya pun demikian padahal semua sudah kita curahkan bahkan disini sampai kita sudah menyewa tempat untuk kantor .

Tak sampai hitungan bulan setelah kami bekerjasama dengan duo hanoman dan kayangan tersebut saya dan Rina memutuskan berpisah dengan baik baik, dan saling meminta maaf dengan konsekuensi jika terjadi masalah dikemudian hari karena kerjasama kami ini akan diselesaikan secara kekeluargaan dan sampai saat terakhir saya masih menganggap dia kakak saya dan mungkin teman dekat saya dan jujur saat kami meeting terakhir untuk mengakhiri ini semua setelahnya saya sangat sedih semua yang sudah kita impikan bersama hancur, padahal kita memulai semua ini dengan keringat dan waktu yang terbuang untuk keluarga kami .

Kerjasama dengan hanoman masih berlanjut dan disini semakin terlihat kalau saya ditekan , saya merasa dipermainkan ketika saya mengeluh pada suami, suami masih meminta saya bersabar karena menggangap inilah dinamika bisnis , sampai akhirnya banyak distributor yang lepas karena jeleknya produksi yang kami kirimkan .

secara pribadi saya ingin memutuskan kerjasama dengan konveksi hanoman tersebut , tapi dengan pertimbangan saya tidak akan diberikan barang yang selama ini saya minta tolong orderkan ke china melalui teman si hanoman yang sudah saya janjikan juga ke Tari distributor yang saya sebutkan di atas tersebut, sehingga saya masih harus menahan semua emosi saya demi hubungan baik saya dengan Tari .

Tapi ternyata semua ini hanya kamuflase, setelah semua barang yang saya pesan datang untuk Tari saya sebut barang tersebut adalah popok , ribuan barang yang datang semua langsung saya kirimkan ke Tari ternyata Tari tidak sanggup membayar , jangankan membayar menjual juga kesulitan tidak sesuai dengan janjinya diawal bahwa sanggup menghabiskan minimal 1000 popok / minggu !

Saya sangat down , disini tiap hari saya dan staff di kantor ditanyakan pembayaran oleh hanoman dan saya juga kesulitan menagih ke Tari, saya mulai stress dan kebingungan sampai akhirnya kami di kantor menjual popok dengan harga jual yang sangat rendah dipasaran , sebenarnya saya sangat menyesal saya merasa saya merugikan banyak pihak khususnya pihak penjual popok lainnya , seandainya saya bisa menyelesaikan masalah tersebut saya tidak akan melakukan penjualan popok dengan harga yangs sangat rendah … saya hanya berusaha menyelesaikan tanggung jawab saya kepada hanoman karena ketidakmampuan Tari .

Semua hal diatas tersebut sudah membuat saya terjatuh tapi moment yang sangat membuat saya terjatuh lebih dalam adalah ketika Rina bertemu dengan Hanoman dan menceritakan semua informasi bisnis saya ?! membocorkan semua daftar distributor saya yang disusul ke esokan harinya ada beberapa pihak dari POLDA datang ke tempat saya mengambil semua barang dagangan suami saya ( Jersey , yang memang selama ini beberapa item mengambil di tempat temannya hanoman ).

grosir clodi

Sungguh kemalangan yang luar biasa bagi saya

Sudah semua barang dagangan saya jersey di ambil paksa , distributor saya Tari ternyata dibelakang juga bekerjasama dengan hanoman untuk menjatuhkan saya .

Saya iklas saya tau ini adalah salah satu cobaan dari Allah untuk bisnis saya, mungkin semua ini dipersiapkan untuk yang lebih baik

Saya di khianati Rina , tapi masih dipojokan dengan alassan yang tidak masuk akal

Saya dihina secara terbuka oleh hanoman , dituduh di depan mata saya dikatain saya Bajin*an dan lain sebagainya, tolonglah saya hanya manusia dan wanita biasa serendah itu anda menghina saya

Saya juga masih diam dicaci maki di email dan BBM oleh suami Tari, padahal jelas mereka yang tidak amanah dengan semua omongannya

Saya tidak mencari alas an saya benar , saya juga salah

Untuk semua pihak yang sudah bekerjasama dengan saya selama ini , insyallah saya tabah tetap berjalan dengan bisnis yang benar tanpa menipu pihak pihak lain, dan saya yakin dengan dukungan semua staff saya kami akan bisa lebih besar lagi J

Khususnya untuk mbak Rina Tari dan hanoman , terima kasih sudah di ajarkan tentang penghianatan

Saya sangat meminta maaf jika kalian masih merasa sangat dendam dengan saya, jikalau memang karena saya kalian benci lihatlah semua staff yang bekerja dengan saya mereka juga punya keluarga yang mengantungkan rejekinya kepada mereka.

Untuk suamiku terimakasih dukungannya selama ini.

Untuk semua staffku terima kasih setia mendampingi disaat saya terjatuh .

Untuk semua penjual popok yang marah dengan kebijakan saya kemarin , saya meminta maaf dari dasar hati yang terdalam , semua itu saya lakukan murni karena Tari tidak bisa menepati janji

Wassalam

clodi murah

 

Perpanjang Paspor secara Online – Imigrasi Waru Surabaya

 

Jadi awalnya Dalam beberapa bulan kedepan saya berencana akan pergi ke suatu Negara yang memerlukan ijin visa  Akhirnya bulan kemarin tepatnya juni 2014 saya harus mengurus perpanjang passport saya karena akan tidak berlaku dalam 4 bulan ke depan, kalau dulu ketika mengurus passport dengan gampangnya minta tolong  salah satu  rekan di kantor tanpa perlu repot repot lagi tinggal datang foto dan taraaa selesai, karena kebetulan sebelumnya saya bekerja di perusahaan jasa tenaga kerja jadi memang kerjaannya tiap hari ‘ubek ubek’ passport😀

Tapi untuk sekarang jelas harus saya urus sendiri karena saya sudah tidak ngantor lagi J pilihannya mungkin jika ingin lebih mudah adalah menggunakan jasa pihak travel agent, tapi berhubung lagi dan lagi saya adalah pengganguran nasional  daripada buang buang uang yuk mare urus sendiri, sempat googling sana sini karena kan udah mulai happening bisa ngurus by online , jadinya sekarang giliran saya cerita siapa tau bermanfaat untuk yang lain , paling utama siapkan dulu ya semua berkas penunjangnya antara lain KTP , Kartu Keluarga , Akta Lahir / Ijasah dan tentunya passport lama kita selanjutnya scan dengan jelas simpan file jangan lebih dari 500MB.

  • Pertama bisa langsung meluncur ke website resminya di link ini http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp
  • Klik di menu PRA PERMOHONAN PERSONAL , isi semua data lengkapnya upload semua berkas pribadi yang sudah kita scan tadi,saran saya hindari pengajuan di jam 11 – 2 siang karena biasanya sering susah untuk prosesnya mungkin karena banyaknya yang mengakses dalam jam tsb waktu itu dalam 2 hari saya kesusahan akhirnya mencoba jam 9 pagi dan Alhamdulillah tidak sampai 5 menit semuanya terkirim.
  • Setelah mengisi semua isian form biasanya langsung kita akan menerima email resmi beserta lampiran surat pengantar untuk pembayaran di bank yang sudah ditunjuk jangan lupa di print ya
  • Besoknya saya langsung pergi untuk membayar biaya yang sudah ditentukan di email atas sebesar 255ribu di BNI mana saja , berikan suratnya yang sudah kita print kita akan menerima bukti pembayaran resmi
  • Kalau sudah menerima kita bisa klik tautan yang ada di email kita sebelumnya melakukan konfirmasi ulang dengan mengisi kode jurnal bank yang sudah kita dapatkan dari bukti pembayaran Bank, setelahnya kita bisa memilih waktu kedatangan dan pilihan imigrasi kita
  • Dalam beberapa menit kita akan menerima email kembali yang dilampiri surat pemberitahuan jadwal kedatangan kita di imigrasi setempat, sekali lagi jangan lupa di print
  • Ketika hari H siapkan semua fotocopy berkas yangs sudah saya sebutkan tadi di atas, pada waktu jadwal saya interview  tgl 3 juli 2014  sebenarnya saya sudah sedikit lemas karena saya baru bisa sampai di imigrasi waru pukul 08.30 bayangan saya pasti tidak akan tersisa no antrian lagi mengacu pada pengalaman dahulu banyak yang harus datang beberapa jam sebelum pintunya dibuka L tapi karena sudah sampai tidak ada salahnya dicoba terus maju
  • Saya langsung datang ke petugas loket di depan untuk mengambil map berkas pengajuan saya, posisi nya berada di kiri jalan sebelum masuk ke kantor utamanya, tunjukan bukti pembayaran dan print jadwal kedatangan kita, sesudahnya petugas akan memberikan beberapa lampiran lagi yang harus kita isi di dalam
  • Selanjutnya untuk mengambil no antrian ternyata buat yang sudah mendaftar secara online tidap perlu takut kehabisan karena kita tinggal scan barcode yang ada di bukti pembayaran Bank, posisi mesin barcode nya ketika waktu itu berada persis di depan pintu masuknya tinggal scanning di depannya langsung keluar no antrian khusus pengajuan online, syukurlah
  • Setelahnya kita akan dipanggil untuk cek dokumen sesuai no antrian, nah disini fotocopy berkas yang diperlukan, banyak saya lihat beberapa orang tidak menyiapkan jadinya lebih repot, karena kebetulan saya juga membawa jadi tinggal di cek, oleh petugasnya saya diberikan form yang harus di isi lagi yang intinya apakah kita mau passport lama kita dikembalikan atau tidak ? berhubung saya masih membutuhkan data di passport lama saya karena ada bukti beberapa visa dari Negara lain maka saya centang pilihan meminta kembali passport lama padahal intinya buat kenang kenangan😀
  • Setelah beres di cek kita diharapkan menunggu di depan ruangan interview dan foto yang berada di tengah gedung suasananya juga sudah berbeda dengan 5 tahun sebelumnya terakhir saya kesini jika dulu terkesan kumuh dan penuh calo beserta udara yang pengap dan panas kalau sekarang lebih bersih lapang hampir saya tidak melihat penampilan calo dan yang terpenting sejuk karena sudah terpasang ac, baiknya jangan pergi kemana mana kalau memang tidak penting sekali karena menurut pengalaman saya hari itu panggilan khusus pengajuan online tidak lama tidak sampai 1 jam kemudian saya sudah di panggil ke dalam
  • Di ruangan tersebut biasanya kita langsung diminta untuk foto dan saya rasa pelayanannya juga sudah sedikit ramah dibandingkan dulu, tapi yang bikin saya dongkol setelahnya adalah pengalaman kurang menyenangkan ini, hampir 1 jam saya menunggu di dalam ruangan tersebut untuk antrian interview selanjutnya tapi tidak ada panggilan akhirnya saya beranikan bertanya kepada petugas yang berjaga di depan, and  finally ternyata foto saya belum dimasukan datanya ke antrian sama bapak bapak yang motret saya jelas saya protes dong, tapi dengan santainya dia bilang ya namanya lupa mbak -_-
  • Akhirnya lanjut ke proses wawancara walaupun masih dengan muka rada jutek, ditanyain pertanyaan dasar mau  kemana dan sebelumnya kemana aja, saran saya kalau memang ini pertama anda membuat passport jawablah sejujur mungkin atau paling simple mau dibuat jalan ke singapura
  • Selesai interview dibalikin surat bukti pembayarannya dari bank yang tadi untuk bukti kita ambil passport asli kalau udah jadi
  • Dan passport saya jadi tgl 8 juli 2014 , jadi gak sampai seminggu sudah bisa kita terima tinggal datang pada hari yang udah ditentukan ambil di loket pengambilan yang ada di bagian depan sebelah loket waktu kita pertama kali mengambil map pendaftaran .

Kesannya setelah bikin passport secara online adalah mudah dan murah J

Ok semoga tulisannya saya yang pasti bikin bingung karena kosakatanya hancur semua bermanfaat🙂

 

 

Cara memulai berjualan di Facebook

Mungkin sudah berbulan bulan yg lalu ketika asik jalan jalan di gugel mencari tentang artikel usaha saya menemukan ulasan tentang berjualan di Facebook ini tapi saya lupa sumbernya , tanpa pikir panjang saya copy paste di notepad laptop sebagai arsip pribadi  karena memang berkeinginan untuk menjalani nya di bisnis online saya, biar gak bolak balek lihat website nya gitu😀 .

Jadi disini saya tulis atau bagikan yaa?  Yaa anggep saja saya tulis ulang dan ada beberapa bumbu tambahan dari pengalaman pribadi saya

Intinya mungkin ada beberapa orang yg masih bingung langkah awal apa yang harus di lakukan jika ingin memulai olshop di jejaring Facebook  kayak saya dulu😀

jualan di facebook

  • Sebaiknya gunakan PAGE bukan personal profile atau akun pribadi kita. Karena page tidak dibatasi hanya 5000 koneksi. Semakin banyak LIKES semakin bagus yang artinya semakin banyak calon buyer yang melihat dagangan kita. Tapi Jika memulai sebagai “personal profile” setelah  banyak “friends” kita bisa mengubahnya menjadi PAGE.
  • Anggarkan  budget untuk iklan di fb. Budgetkan Rp 200-500rb/bln di saat awal buka toko  itu akan lebih bagus dan mempercepat proses mendapatkan pelanggan selain itu akan lebih terlihat professional dibandingkan kita ‘Tag’ foto Produk ke setiap orang di daftar pertemanan saya rasa akan banyak yg merasa kurang senang , atau mungkin kita sendiri pernah merasakan hal tsb.
  • Selalu update Photo produk di fb . Masukkan dalam album foto di fb agar mudah diklasifikasi/dikategorikan. Tapi juga perlu di ingat selalu perhatikan kwalitas foto produk kita karena masih sering saya jumpai olshop yg hanya memakai standart ‘seadanya’ contoh membuat foto produk baju bayi yang di ambil di lantai rumah dengan cahaya yg sangat minim , hallo bukannya kekuatan olshop berada di tampilan fotonya kan ? ingat foto produk kita adalah etalase toko kita , tapi tak perlu juga langsung bingung membeli sebuah kamera DSLR , dengan kamera pocket atapun HP smartphone sudah mencukupi jika digabungkan dengan aplikasi photoshop sederhana J
  • Kombinasikan antara jualan dengan memberikan info berguna. Disini yang di tekankan adalah isi konten dari FB kita yang baiknya tidak selalu terupdate dengan urusan menawarkan barang atau jasa tetapi lebih banyak dengan memberikan informasi yg bermanfaat untuk para follower kita dengan perbandingan 8 :2 yg artinya dalam satu periode waktu disarankan 8kali kita update informasi berguna dan 2kali disisipkan iklan produk kita. Contohnya jika kita menjual kebutuhan bayi jangan ragu untuk membagi tentang tips tips merawat bayi dll.
  • Biasakan melakukan interaksi dgn pembeli di facebook page dengan sapaan sederhana seperti “punya rencana apa hari ini?” Dimana menimbulkan kesan keramahan dan kebutuhan timbal balik
  • Sesekali membuat kuis dengan hadiah sample produk kita, hal tersebut bisa membuat orang penasaran mendapatkan produk kita.
  • Unggah foto foto penunjang supaya orang yg melihat percaya bahwa olshop kita terpercaya dengan cara membuat satu album khusus untuk kumpulan testimoni buyer , resi pengiriman barang dan proses produksi jika memang ada.
  • Tentukan dalam sekali waktu tawaran diskon khusus bagi org yg telah me-LIKES FB kita
  • Yang pasti jangan mudah menyerah dan sabar dalam menjalani bisnis olshop karena usaha ini walaupun hanya ber’lapak’ di dunia maya tetapi tetap sama membutuhkan ketekunan dan integritas untuk membesarkannya.

bisnin online shop

  • Dan jika anda sukses bertahan minimal 3 bulan setelah pertama kali anda mengunggah foto produk jualan anda di FB maka saya ucapkan SELAMAT kini anda bisa ngantor dimana saja hehehehe.

 

Salam dasterprofesional

Mulai membuat Website Bisnis

Saya akan sedikit berbagi informasi tentang website usaha disini bukan karena saya sudah ahli tapi karena seringnya saya berinteraksi dengan para pelanggan di Dasprof yang berkonsultasi masalah website baik tentang design maupun system di dalamnya, jadi bisa saya simpulkan beberapa hal yang bisa kita pelajari jika ingin membuat sebuah situs website untuk bisnis.

web list

 

foto by dreamstime

Yang utama membuat website untuk bisnis sangat penting  saat ini . Situs web menetapkan kehadiran online kita dan memungkinkan pelanggan potensial untuk pemasaran produk kita, sedangkan bagi orang lain bisa dijakdikan info untuk  mempelajari lebih lanjut tentang bisnis kita . Hal ini pastinya dapat membantu menghemat waktu dan tenaga karena pengguna bisa mendapatkan langsung   informasi yang diinginkan.

Apa saja yang harus kita pikirkan dalam langkah awal  membangun sebuah website ……

Tujuan Website

Apa yang  ingin website kita ‘sampaikan’ seperti mencakup  Hal yang sederhana seperti mendirikan sebuah kehadiran online atau memberitahu pelanggan potensial tentang perusahaan kita khususnya ketika sedang ditelusuri di mesin pencari . Jenis ini bisa seperti brosur online atau jika kita ingin lebih maksimal penambahan  Fitur lebih rumit termasuk shopping cart online sehingga pelanggan dapat membeli langsung dari situs web atau kalender bagi mereka untuk menjadwalkan janji . Anda juga bisa menempatkan blog, forum , isi berita atau elemen lain di situs Web Anda . semua itu bisa kita tentukan dari awal atau secara berjangka, saran saya yang utama adalah hadirkan Bisnis kita secara online terlebih dahulu semua pengembangan sebuah web bisa kita tambahkan dikemudian hari bukan ?

Tampilan

Ada banyak pilihan tampilan dikembalikan kepada berapa banyak Anda ingin menampilkan bisnis kita pada desain web tsb . Pilihan bisa kita tentukan sendiri  termasuk menyewa seorang desainer atau merancang sendiri . sekarang ini banyak penyedia situs web gratis seperti blogspot ataupun wordpress. Tapi Jika berencana menjual produk atau jasa high-end yang berhubungan dengan upaya ‘Branding’ , itu mungkin lebih bernilai jika situs yang dirancang oleh seorang profesional yang tahu bagaimana memulai sebuah website bisnis .

Nama domain

Sebuah nama domain yang sama dengan nama perusahaan kita sangat ideal digunakan, tetapi sedikit mustahil untuk menemukan yang sesuai dengan harapan kita. Coba tambahkan kata-kata seperti “online ” atau nama negara Anda untuk domain. Jaga nama domain yang pendek dan mudah diingat , hindari angka dan singkatan . Sebuah nama domain yang berakhir dengan ” . Com ” masih lebih baik dan sangat mudah diingat untuk semua Netizen, meskipun ” Net ” dan ” biz ” sudah mulai umum ,tapi masih lebih sulit untuk diingat dan dapat membingungkan pelanggan .

Hosting

Mencari pilihan hosting dengan dukungan yang baik atau jika kita sudah menentukan memakai jasa web development biasanya sudah termasuk dengan biaya perawatan hosting juga . tapi jika kita berniat membuat web bisnis sendiri bandingkanlah banyak penyedia hosting bukan hanya dari segi harga, pelayanan dan berapa jumlah data yang bisa kita gunakan  kadang sering menipu jadi tidak ada salahnya banyak bertanya di customer service yang biasanya sudah tersedia.

Informasi Jelas

Dalam situs web kita harus memiliki informasi penting yang menonjol  . Pengunjung harus segera memahami apa jenis perusahaan kita. Mereka harus dapat mengirim email atau mencari nomor telepon yang tepat di halaman depan Anda . jangan terlalu membuat bingung dengan foto slide yang terlalu ramai dan mencolok.

Design yang Mudah

situs yang baik menurut saya adalah yang mudah untuk memuat dan menavigasi . Jangan gunakan terlalu banyak Flash atau gambar besar yang membutuhkan waktu lama untuk load . Pastikan situs dapat dengan mudah di klik ke halaman baru . Menjaga tampilan yang sama dan navigasi pada semua halaman situs akan membuat pengunjung merasa cepat akrab dan nyaman.

Isi Konten

Konten harus berhubungan dengan bisnis kita , entah itu konten statis atau posting blog . Gunakan kata kunci di situs web sehingga orang dapat menemukan kita , tapi menghindari isian kata kunci atau konten yang terlihat seperti spam. Situs Anda harus informatif dan mudah dibaca . Pastikan untuk sering memperbarui . dan tambahan saran jika web kita adalah online shop pastikan minimal dalam sekali seminggu ada barang baru yang bisa dilihat oleh buyer.

 

Sekian yang bisa saya bagi, kalau masih merasa bingung bisa kontak saya disini saya terbuka jika ada yang bisa saya bantu

 

Salam Daster Profesional