Bisnis online dan cerita tentang karyawan

Kali ini tulisan saya tidak mengandung curhat tapi lebih ke pengalaman pribadi beberapa waktu yang lalu abis besar besaran kehilangan karyawan 😀 nah apa bedanya ???

Ya beda donk kalau curhat kan hanya ditulis aja sesuai dengan perasaan hati , yang saya tulis ini mungkin lebih ke langkah langkah antipasti saya terhadap karyawan sehingga bias tetap tercipta kelancaran progress kerja, alias share tips ala ala saya dalam hire karyawan untuk bisnis online.

Jadi ceritanya dalam beberapa bulan terakhir 95% karyawan di kantor saya berganti !

Kalau dituduh karena saya juahat banget yaa gak salah ya gak bener juga hehehe

Kalau saya melihat mungkin karena  kasus hukum terakhir yg kami alami, banyak karyawan kami yang belum kuat mental , ini  mungkin wajar mereka manusia yang pasti ingin mencari rasa aman, dalam pandangan mereka mungkin situasi usaha di kantor sangat tidak jelas … tapi Alhamdulillah tidak perlu waktu lama kami sudah mendapatkan penganti nya yang lagi lagi diluar harapan kami LEBIH BAGUS !

Tapi yang bikin saya stress adalah resign nya 2 karyawan terakhir , tanpa ada pemberitahuan ataupun pamitan mereka tiba tiba keluar dan sepertinya sudah direncanakan karena pas banget sehari setelah gajian tidak kembali lagi ngantor hikhik dan sumpah sakitnya tuh bukan disini lagi *nunjuk dada tapi udah kemana mana kakak L

Dari pengalaman tersebut sekarang ada beberapa hal yg baiknya kita lakukan dan hindari dengan karyawan kita , tapi inget ini ala ala saya lo yaa yg masih bisnis online omset belum milyaran per bulan masih di angep UKM NetPreneur

  • Tanggung Jawab

Dari awal kita harus menekankan tanggung jawab kepada calon karyawan , mungkin di awal interview mereka keliatan baik banget dan cute abis, stop jangan percaya ! berikan mereka tanggung jawab langsung dan harus bias kita lihat hasil dan reportnya setiap hari , sekarang ini saya punya batasan 1 minggu untuk test sejauh mana mereka paham tanggung jawab masing masing, jika diluar tenggat waktu dan bahkan diberi arahan belum paham apalagi tidak bias menerima input sudahlah PECAT saja. Gak bayangin kan punya karyawan seperti ini malah membuat yg lain kurang ‘kreatif’

  • Hormat

Dalam hal ini saya gak bilang sebagai pimpinan kita gila hormat yaa atau sampai kasih salam pas ketemu aja nunduk segala *berasa ratu Elizabeth 😀

Yang dimaksud lebih ke semua personil di kantor entah dengan bawahan mereka, rekan setingkat dan pimpinan pastinya , baiknya dimulai dari pimpinan sih kita yg pertama harus lebih respek dengan mereka tapi awas jangan berlebihan yaa , karena kemarin sempet mungkin saya dan suami terlalu baik , jadinya ada beberapa karyawan yang malah saya lihat terlalu kurang sopan ketika berkomunikasi dengan kami, so’ secukupnya aja

  • Reward

Buat target itu pasti tapi jangan dilupakan juga bonus untuk mereka, berbagi kebahagian mungkin bias dengan banyak hal tapi jika berupa materi saya yakin mereka banyak yang lebih membutuhkan *pengalaman pribadi jadi staff juga dulu*

  • Role Model

Sebagai pimpinan kita seperti artis yang gak ada habisnya dibahas sama karyawan , jadi jangan sampai menampilkan aura fisik yg gak oke bukan berarti juga mesti dandan heboh kayak syahrini kok minimal sopan dan rapi sesuai aturan kan tor kita , dan lebih penting lagi bias ngomong atau nyampein semua keluhan dan masukan ke karyawan tapi porsinya juga mesti pas  pertama selalu bayangkan kita di posisi mereka , karyawan juga bukan robot kan ? mereka manusia biasa seperti kita ada badmood , lagi putus cinta punya istri atau suami dll, penting tidak membahas masalah ketika mood masih panas ! dan berlakukan kesempatan kedua J jika masih diulangi kalau saya pribadi tidak akan sungkan mengeluarkan sanksi

Jadilah orang terpercaya di depan mereka ,Fleksibel tapi  tetap konsisten .

 

Tapi jangan lupa Me Time yaaa

Pimpinan pun juga manusia biasa

Sekali waktu tertawa didepan karyawan yakin bias bikin mereka sedikit santai , syukur syukur omset tambah naik 😀

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s