cara mengembalikan akun Instagram DISABLE ! part 2

Pertama banyak terima kasih yaa buat semua yg sudah mampir ke tulisan saya sebelumnya mengenai akun instagram yg hilang. Bahkan ada beberapa yg chat langsung ke wa dysania store tapi maaf sekali karena itu adalah wa CS yg di gunakan untuk menerima order jadi bukan saya yg pegang sendiri melainkan staff.  Tapi beberapa ada yg sudah saya bantu jawab, dan maafkanlah jika gak semua jawaban saya bisa membantu untuk kembali akun instagram nya , karena banyak yg bertanya masuk ada akun yg secara jelas menjual barang replika 🙂

yang sekarang sedang membaca lagi disini apa akunnya sudah kembali ?

saya lanjutkan ceritanya setelah akun instagram saya kembali yaa

jadi, hampir sebulanan setelahnya akun IG saya off untuk segala macam bentuk kegiatan SFS ( iklan sesama olshop ) bahkan baru 2 minggu setelah itu berani upload foto produk lagi. Itu pun masih ketar ketir karena saya sadar barang yang saya jual gak oke alias merk merk saduran hehehe.

Awal dari itu makanya kita kepikiran harus jualan hal lain ini biar aman, karena gak bisa kan kita jualan barang terus setiap aplod takut fotonya di hilangkan ama IG pusat atau malah ujung ujungnya akun kita yang dihapus.

Singkat cerita , sebelumnya kita emang udah punya satu akun cadangan IG lain yang dibuat khusus jualan hijab, tapi gak pernah serius kita urusin ya maklum waktu itu sedikit jumawa dengan hasil profit dan omset dari jualan jam tangan 😀 .

Nama akun cadangan nya itu GROSIRHIJAB_SURABAYA memang sudah ada beberapa foto barangnya ( karena dulu sempat kulakan juga jilbab ) jadi akun ini semacam kita buat experiment kalaupun hilang gak sedih sedih amat karena masih ke isi 3000an follower , awal kita aktifkan lagi dan langsung kita ganti ke profil IG BISNIS mikirnya sih biar lebih aman kan kurang lebih jadi Fan Page resmi jualan, jadi bukan lagi akun pribadi dibuat jualan.  Terus setelahnya ngapain ? harus ada sesuatu yang baru kan , kita coba atur foto foto produk dengan nuansa baru alias foto ulang semua !

Yaaa untungnya gak begitu banyak macemnya , tapi Alhamdulillah dari situ follower mulai datang tapi bukan langsung bejibun minimal adalah sehari 10 orang baru yang add , ohya karena akun saya gak saya private yaa , menurut saya sekarang ini udah gak mikir kumpulin follower harus banyak kan? gak mau juga ikut acara SFS ( di acara sfs ada aturan minimal follower untuk setiap range ).

Ngerasa nya masak kita buka toko , ditutup terus tutup pager nya masih digembok ?

Orang mau liat barang saja masih nunggu kita dulu buka gembok ?

Dan info aja dari pengalaman sampai sekarang ini akhirnya kita bisa tau bahwa banyak banget customer yang gak mau follo akun kita tapi closing ! khususnya reseller atau dropshiper mereka gak akan follow akun kita , karena kalau mereka follow otomatis follower mereka akhirnya tau sumber barangnya darimana.

Gak diem disitu aja , kita mikir gimana caranya akun IG kita bisa diliat banyak orang ?

Padahal sfs an juga udah gak bisa ? dari hasil gugel sono sini dan nanya akhirnya ketemulah ama program yg namanya celebgram. Kalian bisa gugel juga kok main ke website nya disitu akan banyak penjelasan tentang program dia gimana aja.

Intinya setelah itu kita coba aktifin fitur yang ada di IG kita pakai celebgram. Dan Alhamdulillah dari situ bisa ada peningkatan trafik dan follower .

Mbak mbak tulisannya kok ngambang  gini sih ?

Kalau ada yang merasa begitu yaa maaf yaa belum bisa nulis panjangan lagi next time inshaAllah saya nulis sendiri bagian khusus pengalaman pake celebgram , kalau sekarang masih suibuk dengan target dan barengan sama edisi bejibun orderan.

Kalau yg nanya di kolom komen juga pasti saya balas jika pas onlen.

Dan sekali lagi tulisan saya hanya sedikit berbagi yaa bukan maksud untuk mengurui

Yuk kita bisa sama sama belajar  🙂

 

cara mengembalikan akun Instagram DISABLE !

ceritanya sabtu kemarin 24 september salah satu akun instagram dagangan saya tetiba raib gak kesisa dengan jumlah follower terakhir 43K alias 43 RIBU ini akun dagangan ya bukan akun pribadi kalau akun pribadi mah gak penting hanya 200 follower ahahaha ya maklumlah kakak saya bukan selebgram selevel awkarin atau joyagh apalagi bang rando.

di setiap harinya saya sendiri yang masih mengurus untuk perkembangan akun instagram dysania store, pagi itu seperti biasa saya mau upload beberapa foto produk saya sendiri untuk tayangan iklan pagi udah rutinitas dan boom akun tsb udah log out secara otomatis

panik jelass … akun 43k ! sehari hari dapet omset dari instagram yang selanjutnya saya tulis IG yaa karena males bener ngetik lama :)) diatas 10 paket dan IG dysania store ini termasuk salah satu lapak terlengkap yang memajang semua foto produk.

berjuang dari 0 follower ngikutin arahan semua yang ada di buku ‘ Jago Jualan di Instagram ‘ sekitar setahunan kemarin dan kalau tiba tiba hilang, ya tau sendiri lah rasanya kayak ditinggal pas lagi sayang sayang nya ahahahaha.

balik lagi ke disable, setelah drama korea pagi sampai hampir siang saya beranikan diri  buat buka akun IG yang hilang itu lagi disitu dijelaskan akun kita disable karena banyaknya aktifitas yang dirasa melanggar ketentuan IG dalam kasus akun saya adalah secara sengaja mengumpulkan massa dan memberikan konten berulang ulang .. ya iyalah kita jualan produk caption fotonya  pasti ‘mau  order ? silakan kontak ke bla bla bla ‘  ahahahaha.

terus gimana caranya supaya bisa balik ?

ini cara saya pribadi yaa yang udah kebukti tadi pagi dibalikin lagi IG ama om mark, horeee. makanya siapa tau masih ada yang kebingungan dan galau seperti saya kemarin .

  1. pastikan kita login hanya di satu hape , haramkan dulu deh aktif satu akun dibanyak hape … setelah itu tetep masuk ke akun kita seperti biasa . jawab sejujur jujurnya . karena ada pilihan apa akun kita mewaikili bisnis saran saya jangan pernah klik tombol bisnis itu karena next nya akan disuruh masukan NPWP sampai SIUP ( pengalaman temen yg punya lapak lain ) udah beres isi lengkap nama sesuai KTP dan email yang aktif tunggu beberapa saat.
  2. cek email yang udah kita kirim tadi ke help IG , biasanya dapat balesan kita disuruh foto close up yang jelas sambil pegang kertas putih yang bertulis nama akun IG kita yang hilang , nama lengkap kita , dan no unik yang diberikan di email balesannya ya mirip gaya bang napi gitu.
  3. berdoa yang kenceng (((((( serius ini !!! bayangin akun IG 43K real follower dipasaran masih bisa dijual 7 jutaan nego sadiz ))))
  4. sering sering cek email lagi… kalau saya sambil guling guling emosi nonton gossip girls 😀
  5. dannnn setelah 3 hari akhirnya saya dapat balesan dari team IG dengan permintaan maaf karena ada ketidaknyamanan di sistem mereka. yang akhirnya harus saya maafkan daripada akun saya gak balik ahahaha.

jadi sekarang IG nya udah balik ?

yups IG dysania Store udah balik , tapi dari kejadian kemarin akhirnya banyak mikir bahwa harus ada cara lain yang aman buat jualan di IG , gak mungkin juga sekarang ninggalin IG , market yang suka belanja disana banyak kakak.

jadi masih nekat jualan di IG ?

masih lah kakak , tapi next mungkin harus diperbaiki caranya gak pakai cara cara seperti mak mak online sekarang , yang katanya cara ilegal hehehe .. cara apa aja ?

kapan kapan saya tulis biar gak jadi korban kaget pagi pagi kayak saya ahahahaha

Bisnis online dan cerita tentang karyawan

Kali ini tulisan saya tidak mengandung curhat tapi lebih ke pengalaman pribadi beberapa waktu yang lalu abis besar besaran kehilangan karyawan 😀 nah apa bedanya ???

Ya beda donk kalau curhat kan hanya ditulis aja sesuai dengan perasaan hati , yang saya tulis ini mungkin lebih ke langkah langkah antipasti saya terhadap karyawan sehingga bias tetap tercipta kelancaran progress kerja, alias share tips ala ala saya dalam hire karyawan untuk bisnis online.

Jadi ceritanya dalam beberapa bulan terakhir 95% karyawan di kantor saya berganti !

Kalau dituduh karena saya juahat banget yaa gak salah ya gak bener juga hehehe

Kalau saya melihat mungkin karena  kasus hukum terakhir yg kami alami, banyak karyawan kami yang belum kuat mental , ini  mungkin wajar mereka manusia yang pasti ingin mencari rasa aman, dalam pandangan mereka mungkin situasi usaha di kantor sangat tidak jelas … tapi Alhamdulillah tidak perlu waktu lama kami sudah mendapatkan penganti nya yang lagi lagi diluar harapan kami LEBIH BAGUS !

Tapi yang bikin saya stress adalah resign nya 2 karyawan terakhir , tanpa ada pemberitahuan ataupun pamitan mereka tiba tiba keluar dan sepertinya sudah direncanakan karena pas banget sehari setelah gajian tidak kembali lagi ngantor hikhik dan sumpah sakitnya tuh bukan disini lagi *nunjuk dada tapi udah kemana mana kakak L

Dari pengalaman tersebut sekarang ada beberapa hal yg baiknya kita lakukan dan hindari dengan karyawan kita , tapi inget ini ala ala saya lo yaa yg masih bisnis online omset belum milyaran per bulan masih di angep UKM NetPreneur

  • Tanggung Jawab

Dari awal kita harus menekankan tanggung jawab kepada calon karyawan , mungkin di awal interview mereka keliatan baik banget dan cute abis, stop jangan percaya ! berikan mereka tanggung jawab langsung dan harus bias kita lihat hasil dan reportnya setiap hari , sekarang ini saya punya batasan 1 minggu untuk test sejauh mana mereka paham tanggung jawab masing masing, jika diluar tenggat waktu dan bahkan diberi arahan belum paham apalagi tidak bias menerima input sudahlah PECAT saja. Gak bayangin kan punya karyawan seperti ini malah membuat yg lain kurang ‘kreatif’

  • Hormat

Dalam hal ini saya gak bilang sebagai pimpinan kita gila hormat yaa atau sampai kasih salam pas ketemu aja nunduk segala *berasa ratu Elizabeth 😀

Yang dimaksud lebih ke semua personil di kantor entah dengan bawahan mereka, rekan setingkat dan pimpinan pastinya , baiknya dimulai dari pimpinan sih kita yg pertama harus lebih respek dengan mereka tapi awas jangan berlebihan yaa , karena kemarin sempet mungkin saya dan suami terlalu baik , jadinya ada beberapa karyawan yang malah saya lihat terlalu kurang sopan ketika berkomunikasi dengan kami, so’ secukupnya aja

  • Reward

Buat target itu pasti tapi jangan dilupakan juga bonus untuk mereka, berbagi kebahagian mungkin bias dengan banyak hal tapi jika berupa materi saya yakin mereka banyak yang lebih membutuhkan *pengalaman pribadi jadi staff juga dulu*

  • Role Model

Sebagai pimpinan kita seperti artis yang gak ada habisnya dibahas sama karyawan , jadi jangan sampai menampilkan aura fisik yg gak oke bukan berarti juga mesti dandan heboh kayak syahrini kok minimal sopan dan rapi sesuai aturan kan tor kita , dan lebih penting lagi bias ngomong atau nyampein semua keluhan dan masukan ke karyawan tapi porsinya juga mesti pas  pertama selalu bayangkan kita di posisi mereka , karyawan juga bukan robot kan ? mereka manusia biasa seperti kita ada badmood , lagi putus cinta punya istri atau suami dll, penting tidak membahas masalah ketika mood masih panas ! dan berlakukan kesempatan kedua J jika masih diulangi kalau saya pribadi tidak akan sungkan mengeluarkan sanksi

Jadilah orang terpercaya di depan mereka ,Fleksibel tapi  tetap konsisten .

 

Tapi jangan lupa Me Time yaaa

Pimpinan pun juga manusia biasa

Sekali waktu tertawa didepan karyawan yakin bias bikin mereka sedikit santai , syukur syukur omset tambah naik 😀

 

 

 

Kemalangan Luar Biasa

Warning Tulisan ini mengandung Drama , tapi gak se drama film film nya soo ji sub kok 😀

 

Judul di atas mungkin sudah sangat familiar sekarang di kalangan pecinta novel dan film romantic termasuk saya, tapi bedanya ditulisan saya kali ini saya tidak akan membahas tentang buku tersebut ataupun synopsis film the fault in our stars yang sangat booming itu.

Ditulisan kali ini mungkin akan saya anggap sebagai surat terbuka untuk semua pihak yang belakangan ini sangat dekat dengan saya dalam hal urusan bisnis dan mungkin akan saya ceritakan hingga ke beberapa seri

Kenapa harus di tulis di blog ? karena saya secara pribadi menganggap sama sekali tidak ada ruang dan kesempatan dari semua orang untuk menjelaskan , masing masing orang hanya berpikir dengan kepentingan masing masing , disini saya tidak berharap saya dianggap benar saya hanya ingin di dengarkan dari sisi yang saya alami.

Yang pertama akan saya ceritakan tentang satu orang yang sampai setahun belakangan ini sudah saya anggap seperti kakak sendiri , kita anggap dia bernama RINA  saya kenal rina ketika mulai berkomunitas di salah satu komunitas bisnis wanita di Surabaya, jarang sekali kami berbicara ketika bertemu tapi saya akan selalu ingat dia orang pertama yang menyapa saya ketika saya pertama kali datang di acara gathering, saya yakin secara personal mbak rina ini baik, ramah dan menyenangkan sehingga ketika bulan april 2013 saya berkeinginan mengajak kerjasama karena menurut saya dia orang yang bisa diandalkan dengan semangatnya.

Mulailah kami bekerjasama membuat beberapa produk yang menurut mbak rina sudah ada market yang cukup besar sehingga kami hanya perlu mencari investor yang berminat dan beruntungnya tidak terlalu lama kami dibantu oleh salah satu temanku dari kantor dulu sebut saja fina dalam masalah permodalan, disinilah juga awal saya berkenalan dengan distributor yang akan membeli produk yang kami produksi secara massal sekarang kita sebut dia dengan nama Tari.

Saya yakin semua orang usaha akan berharap untuk segera sukses dan berkembang, yang terjadi dalam perjalan bisnis kami hampir seperti yang lainnya terjadi masalah yang akhirnya susul menyusul yang pertama susahnya komunikasi dengan Fina penyandang modal utama yang berakibat putusnya hubungan kerja, tapi saya dengan Rina masih terus melanjutkan karena kami yakin ini akan menjadi besar dan dibantu oleh Tari kami semakin bersemangat, walaupun masalah teknis dan lain sebagainya semakin besar kami masih Kompak .

Hingga suatu hari suami memperkenalkan dengan salah satu pihak konveksi yang sangat terlihat kredibel mereka berdua sekarang kita sebut dengan duo hanoman dan kayangan, kenapa nama samarannya saya bikin aneh sekali ya karena di awal saya berharap sangat tinggi kepada mereka berdua seperti di awang awang kerajaan dewa dewi tapi kenyataannya ? bisa dibaca di akhir cerita saya tidak lebih dari cerita perang pandawa dan kurawa L

Mulailah kami berdua bekerja sama dengan duo konveksi tersebut ternyata mutu kerjanya sangat tidak memuaskan hingga seringnya kami dicaci maki oleh pihak distributor dan customer , dan disinilah keretakan itu semakin terasa mbak rina semakin tidak bersemangat saya pun demikian padahal semua sudah kita curahkan bahkan disini sampai kita sudah menyewa tempat untuk kantor .

Tak sampai hitungan bulan setelah kami bekerjasama dengan duo hanoman dan kayangan tersebut saya dan Rina memutuskan berpisah dengan baik baik, dan saling meminta maaf dengan konsekuensi jika terjadi masalah dikemudian hari karena kerjasama kami ini akan diselesaikan secara kekeluargaan dan sampai saat terakhir saya masih menganggap dia kakak saya dan mungkin teman dekat saya dan jujur saat kami meeting terakhir untuk mengakhiri ini semua setelahnya saya sangat sedih semua yang sudah kita impikan bersama hancur, padahal kita memulai semua ini dengan keringat dan waktu yang terbuang untuk keluarga kami .

Kerjasama dengan hanoman masih berlanjut dan disini semakin terlihat kalau saya ditekan , saya merasa dipermainkan ketika saya mengeluh pada suami, suami masih meminta saya bersabar karena menggangap inilah dinamika bisnis , sampai akhirnya banyak distributor yang lepas karena jeleknya produksi yang kami kirimkan .

secara pribadi saya ingin memutuskan kerjasama dengan konveksi hanoman tersebut , tapi dengan pertimbangan saya tidak akan diberikan barang yang selama ini saya minta tolong orderkan ke china melalui teman si hanoman yang sudah saya janjikan juga ke Tari distributor yang saya sebutkan di atas tersebut, sehingga saya masih harus menahan semua emosi saya demi hubungan baik saya dengan Tari .

Tapi ternyata semua ini hanya kamuflase, setelah semua barang yang saya pesan datang untuk Tari saya sebut barang tersebut adalah popok , ribuan barang yang datang semua langsung saya kirimkan ke Tari ternyata Tari tidak sanggup membayar , jangankan membayar menjual juga kesulitan tidak sesuai dengan janjinya diawal bahwa sanggup menghabiskan minimal 1000 popok / minggu !

Saya sangat down , disini tiap hari saya dan staff di kantor ditanyakan pembayaran oleh hanoman dan saya juga kesulitan menagih ke Tari, saya mulai stress dan kebingungan sampai akhirnya kami di kantor menjual popok dengan harga jual yang sangat rendah dipasaran , sebenarnya saya sangat menyesal saya merasa saya merugikan banyak pihak khususnya pihak penjual popok lainnya , seandainya saya bisa menyelesaikan masalah tersebut saya tidak akan melakukan penjualan popok dengan harga yangs sangat rendah … saya hanya berusaha menyelesaikan tanggung jawab saya kepada hanoman karena ketidakmampuan Tari .

Semua hal diatas tersebut sudah membuat saya terjatuh tapi moment yang sangat membuat saya terjatuh lebih dalam adalah ketika Rina bertemu dengan Hanoman dan menceritakan semua informasi bisnis saya ?! membocorkan semua daftar distributor saya yang disusul ke esokan harinya ada beberapa pihak dari POLDA datang ke tempat saya mengambil semua barang dagangan suami saya ( Jersey , yang memang selama ini beberapa item mengambil di tempat temannya hanoman ).

grosir clodi

Sungguh kemalangan yang luar biasa bagi saya

Sudah semua barang dagangan saya jersey di ambil paksa , distributor saya Tari ternyata dibelakang juga bekerjasama dengan hanoman untuk menjatuhkan saya .

Saya iklas saya tau ini adalah salah satu cobaan dari Allah untuk bisnis saya, mungkin semua ini dipersiapkan untuk yang lebih baik

Saya di khianati Rina , tapi masih dipojokan dengan alassan yang tidak masuk akal

Saya dihina secara terbuka oleh hanoman , dituduh di depan mata saya dikatain saya Bajin*an dan lain sebagainya, tolonglah saya hanya manusia dan wanita biasa serendah itu anda menghina saya

Saya juga masih diam dicaci maki di email dan BBM oleh suami Tari, padahal jelas mereka yang tidak amanah dengan semua omongannya

Saya tidak mencari alas an saya benar , saya juga salah

Untuk semua pihak yang sudah bekerjasama dengan saya selama ini , insyallah saya tabah tetap berjalan dengan bisnis yang benar tanpa menipu pihak pihak lain, dan saya yakin dengan dukungan semua staff saya kami akan bisa lebih besar lagi J

Khususnya untuk mbak Rina Tari dan hanoman , terima kasih sudah di ajarkan tentang penghianatan

Saya sangat meminta maaf jika kalian masih merasa sangat dendam dengan saya, jikalau memang karena saya kalian benci lihatlah semua staff yang bekerja dengan saya mereka juga punya keluarga yang mengantungkan rejekinya kepada mereka.

Untuk suamiku terimakasih dukungannya selama ini.

Untuk semua staffku terima kasih setia mendampingi disaat saya terjatuh .

Untuk semua penjual popok yang marah dengan kebijakan saya kemarin , saya meminta maaf dari dasar hati yang terdalam , semua itu saya lakukan murni karena Tari tidak bisa menepati janji

Wassalam

clodi murah

 

Cara memulai berjualan di Facebook

Mungkin sudah berbulan bulan yg lalu ketika asik jalan jalan di gugel mencari tentang artikel usaha saya menemukan ulasan tentang berjualan di Facebook ini tapi saya lupa sumbernya , tanpa pikir panjang saya copy paste di notepad laptop sebagai arsip pribadi  karena memang berkeinginan untuk menjalani nya di bisnis online saya, biar gak bolak balek lihat website nya gitu 😀 .

Jadi disini saya tulis atau bagikan yaa?  Yaa anggep saja saya tulis ulang dan ada beberapa bumbu tambahan dari pengalaman pribadi saya

Intinya mungkin ada beberapa orang yg masih bingung langkah awal apa yang harus di lakukan jika ingin memulai olshop di jejaring Facebook  kayak saya dulu 😀

jualan di facebook

  • Sebaiknya gunakan PAGE bukan personal profile atau akun pribadi kita. Karena page tidak dibatasi hanya 5000 koneksi. Semakin banyak LIKES semakin bagus yang artinya semakin banyak calon buyer yang melihat dagangan kita. Tapi Jika memulai sebagai “personal profile” setelah  banyak “friends” kita bisa mengubahnya menjadi PAGE.
  • Anggarkan  budget untuk iklan di fb. Budgetkan Rp 200-500rb/bln di saat awal buka toko  itu akan lebih bagus dan mempercepat proses mendapatkan pelanggan selain itu akan lebih terlihat professional dibandingkan kita ‘Tag’ foto Produk ke setiap orang di daftar pertemanan saya rasa akan banyak yg merasa kurang senang , atau mungkin kita sendiri pernah merasakan hal tsb.
  • Selalu update Photo produk di fb . Masukkan dalam album foto di fb agar mudah diklasifikasi/dikategorikan. Tapi juga perlu di ingat selalu perhatikan kwalitas foto produk kita karena masih sering saya jumpai olshop yg hanya memakai standart ‘seadanya’ contoh membuat foto produk baju bayi yang di ambil di lantai rumah dengan cahaya yg sangat minim , hallo bukannya kekuatan olshop berada di tampilan fotonya kan ? ingat foto produk kita adalah etalase toko kita , tapi tak perlu juga langsung bingung membeli sebuah kamera DSLR , dengan kamera pocket atapun HP smartphone sudah mencukupi jika digabungkan dengan aplikasi photoshop sederhana J
  • Kombinasikan antara jualan dengan memberikan info berguna. Disini yang di tekankan adalah isi konten dari FB kita yang baiknya tidak selalu terupdate dengan urusan menawarkan barang atau jasa tetapi lebih banyak dengan memberikan informasi yg bermanfaat untuk para follower kita dengan perbandingan 8 :2 yg artinya dalam satu periode waktu disarankan 8kali kita update informasi berguna dan 2kali disisipkan iklan produk kita. Contohnya jika kita menjual kebutuhan bayi jangan ragu untuk membagi tentang tips tips merawat bayi dll.
  • Biasakan melakukan interaksi dgn pembeli di facebook page dengan sapaan sederhana seperti “punya rencana apa hari ini?” Dimana menimbulkan kesan keramahan dan kebutuhan timbal balik
  • Sesekali membuat kuis dengan hadiah sample produk kita, hal tersebut bisa membuat orang penasaran mendapatkan produk kita.
  • Unggah foto foto penunjang supaya orang yg melihat percaya bahwa olshop kita terpercaya dengan cara membuat satu album khusus untuk kumpulan testimoni buyer , resi pengiriman barang dan proses produksi jika memang ada.
  • Tentukan dalam sekali waktu tawaran diskon khusus bagi org yg telah me-LIKES FB kita
  • Yang pasti jangan mudah menyerah dan sabar dalam menjalani bisnis olshop karena usaha ini walaupun hanya ber’lapak’ di dunia maya tetapi tetap sama membutuhkan ketekunan dan integritas untuk membesarkannya.

bisnin online shop

  • Dan jika anda sukses bertahan minimal 3 bulan setelah pertama kali anda mengunggah foto produk jualan anda di FB maka saya ucapkan SELAMAT kini anda bisa ngantor dimana saja hehehehe.

 

Salam dasterprofesional

Mulai membuat Website Bisnis

Saya akan sedikit berbagi informasi tentang website usaha disini bukan karena saya sudah ahli tapi karena seringnya saya berinteraksi dengan para pelanggan di Dasprof yang berkonsultasi masalah website baik tentang design maupun system di dalamnya, jadi bisa saya simpulkan beberapa hal yang bisa kita pelajari jika ingin membuat sebuah situs website untuk bisnis.

web list

 

foto by dreamstime

Yang utama membuat website untuk bisnis sangat penting  saat ini . Situs web menetapkan kehadiran online kita dan memungkinkan pelanggan potensial untuk pemasaran produk kita, sedangkan bagi orang lain bisa dijakdikan info untuk  mempelajari lebih lanjut tentang bisnis kita . Hal ini pastinya dapat membantu menghemat waktu dan tenaga karena pengguna bisa mendapatkan langsung   informasi yang diinginkan.

Apa saja yang harus kita pikirkan dalam langkah awal  membangun sebuah website ……

Tujuan Website

Apa yang  ingin website kita ‘sampaikan’ seperti mencakup  Hal yang sederhana seperti mendirikan sebuah kehadiran online atau memberitahu pelanggan potensial tentang perusahaan kita khususnya ketika sedang ditelusuri di mesin pencari . Jenis ini bisa seperti brosur online atau jika kita ingin lebih maksimal penambahan  Fitur lebih rumit termasuk shopping cart online sehingga pelanggan dapat membeli langsung dari situs web atau kalender bagi mereka untuk menjadwalkan janji . Anda juga bisa menempatkan blog, forum , isi berita atau elemen lain di situs Web Anda . semua itu bisa kita tentukan dari awal atau secara berjangka, saran saya yang utama adalah hadirkan Bisnis kita secara online terlebih dahulu semua pengembangan sebuah web bisa kita tambahkan dikemudian hari bukan ?

Tampilan

Ada banyak pilihan tampilan dikembalikan kepada berapa banyak Anda ingin menampilkan bisnis kita pada desain web tsb . Pilihan bisa kita tentukan sendiri  termasuk menyewa seorang desainer atau merancang sendiri . sekarang ini banyak penyedia situs web gratis seperti blogspot ataupun wordpress. Tapi Jika berencana menjual produk atau jasa high-end yang berhubungan dengan upaya ‘Branding’ , itu mungkin lebih bernilai jika situs yang dirancang oleh seorang profesional yang tahu bagaimana memulai sebuah website bisnis .

Nama domain

Sebuah nama domain yang sama dengan nama perusahaan kita sangat ideal digunakan, tetapi sedikit mustahil untuk menemukan yang sesuai dengan harapan kita. Coba tambahkan kata-kata seperti “online ” atau nama negara Anda untuk domain. Jaga nama domain yang pendek dan mudah diingat , hindari angka dan singkatan . Sebuah nama domain yang berakhir dengan ” . Com ” masih lebih baik dan sangat mudah diingat untuk semua Netizen, meskipun ” Net ” dan ” biz ” sudah mulai umum ,tapi masih lebih sulit untuk diingat dan dapat membingungkan pelanggan .

Hosting

Mencari pilihan hosting dengan dukungan yang baik atau jika kita sudah menentukan memakai jasa web development biasanya sudah termasuk dengan biaya perawatan hosting juga . tapi jika kita berniat membuat web bisnis sendiri bandingkanlah banyak penyedia hosting bukan hanya dari segi harga, pelayanan dan berapa jumlah data yang bisa kita gunakan  kadang sering menipu jadi tidak ada salahnya banyak bertanya di customer service yang biasanya sudah tersedia.

Informasi Jelas

Dalam situs web kita harus memiliki informasi penting yang menonjol  . Pengunjung harus segera memahami apa jenis perusahaan kita. Mereka harus dapat mengirim email atau mencari nomor telepon yang tepat di halaman depan Anda . jangan terlalu membuat bingung dengan foto slide yang terlalu ramai dan mencolok.

Design yang Mudah

situs yang baik menurut saya adalah yang mudah untuk memuat dan menavigasi . Jangan gunakan terlalu banyak Flash atau gambar besar yang membutuhkan waktu lama untuk load . Pastikan situs dapat dengan mudah di klik ke halaman baru . Menjaga tampilan yang sama dan navigasi pada semua halaman situs akan membuat pengunjung merasa cepat akrab dan nyaman.

Isi Konten

Konten harus berhubungan dengan bisnis kita , entah itu konten statis atau posting blog . Gunakan kata kunci di situs web sehingga orang dapat menemukan kita , tapi menghindari isian kata kunci atau konten yang terlihat seperti spam. Situs Anda harus informatif dan mudah dibaca . Pastikan untuk sering memperbarui . dan tambahan saran jika web kita adalah online shop pastikan minimal dalam sekali seminggu ada barang baru yang bisa dilihat oleh buyer.

 

Sekian yang bisa saya bagi, kalau masih merasa bingung bisa kontak saya disini saya terbuka jika ada yang bisa saya bantu

 

Salam Daster Profesional

Social Media Panggung Kehidupan

Sudah hampir satu minggu lebih ini saya sama sekali tidak bersentuhan dengan dunia maya karena ada sebab yang mengharuskan saya benar benar istirahat bahkan diwajibkan juga oleh suami untuk tidak membuat status di social media 😀 bayangkan ? dengan kehidupan yang biasa saya jalani yang tidak memungkinkan semua pekerjaan saya jauh dari ranah internet tentu hal tersebut menjadi sangat berat L

Jadi hal yang dapat disimpulkan selama saya berpuasa internet adalah betapa saya sangat menyayangi social media saya hehehe facebook , twitter, linkelind dan lain sebagainya adalah ‘sesuatu’ 😀

Tapi dengan segala ketenangan di minggu kemarin saya jadi sedikit berpikir tentang  beberapa hal yang selama ini sering terjadi di social media , sekarang ini memang sepertinya update status ataupun kicauan adalah hal biasa yang terdengar dan terlihat dimana mana. Jika boleh sedikit berpendapat mungkin bagi pengguna situs situs tersebut bisa sedikit sadar dan menggatur ‘isinya’ , ini adalah pendapat saya pribadi dan saya memang tidak mengharapkan kita mempunyai pemikiran yang sama.

Saya mulai memikirkan dari daftar social media yang paling sering saya gunakan ….

Facebook

 

blog fb

jaman ‘gila banged’ sama si ‘muka sampul’

 

Mungkin ini adalah salah satu sosmed favorit saya sampai detik ini dan kehadirannya mampu membuat saya 99% meninggalkan Friendster dulu , dan menurut saya facebook adalah sosmed yang baik kenapa ? karena …. Mudah digunakan , mudah mengatur dengan segala petunjuk dan  bantuannya  yang pasti saya bisa lebih mudah menikmati hasil kiriman foto dari semua teman dengan lebih jelas bukan hanya sebuah garis kalimat seperti di twitter .  saya hanya mempunyai  2 komentar tentang facebook

  • Jika ada seseorang yang mengirimkan permintaan teman kepada  saya dan saya merasa tidak mengenal atau memiliki keperluan lebih lanjut dengan orang tersebut maka saya akan mengabaikannya … dan selesai tanpa masalah
  • Jangan jadikan facebook mu seperti cerita sinetron yang penuh drama , disini seharusnya berisi hal hal yang menyenangkan seperti saling berkomentar di status yang lucu dengan teman itu lebih baik bukan daripada kita hanya selalu menulis tentang keputus asaan atau yang lebih parah menghujat orang lain …. Tolong hentikan

Twitter

 

socialicons_42

punya yang mana saja ? 🙂

 

Jujur ketika beberapa tahun yang lalu twitter muncul dan saya mulai membuat akun disitu hal pertama yang saya rasakan adalah bingung hahahaha dan setelahnya bisa ditebak akhirnya  saya biarkan dan tidak pernah kembali ke twitter karena saya belum menemukan manfaat di twitter dimana  saat itu yang saya lihat hanya  sampah status . sampai beberapa waktu ketika twiiter semakin tumbuh dan menonjol  saya mencoba kembali tapi alasan utama  adalah saya bisa mengikuti semua hal yang saya inginkan dan di twitter bisa saya dapatkan dengan lebih cepat.

Tetapi saya juga memiliki beberapa komentar untuk pengguna twitter, mungkin sebaiknya bisa mempelajari  etika dalam menulis tweet dan belajar menggunakan banyak fitur di situs ini yang memang sangat menakjubkan, dan disini pun sekarang saya masih terus belajar J

Kecuali jika memang kita mempunyai hal yang sangat hebat untuk dibagi janganlah tweet setiap 5 menit sekali terutama dengan isi yang sama .. bisa dipastikan tak akan follower anda lagi

Jadi mungkin akan lebih menyenangkan jika kita bisa membuat tweet yang berisi informasi link yang membantu , sedikit humor , motivasi.

Dan sosmed terakhir adalah

Linkelidn

Ini adalah situs professional yang hebat yang sudah sangat membantu saya dalam mempromosikan diri baik di dalam dan luar negeri , sering ketika saya bertemu dengan klien mereka menjadi lebih tertarik ketika sudah melihat profil saya disini .

Hanya satu komentar saya mengenai ini lebih aktif lah di Linkelidn ada banyak hal dan koneksi  yang bisa kita temukan disini .

Dengan pertumbuhan internet dalam decade terakhir ini mungkin ketika 15 tahun yang lalu saya tak pernah membayangkan jika ada sesuatu seperti sosmed dalam kehidupan kita. Tapi jika melihat sekarang ketika banyak orang  ketika bangun tidur pun yang terlintas adalah melihat akun sosmednya, menjadi suatu pertanyaan yang wajar jika anda menjawab jujur dari diri sendiri Bisakah anda menikmati hidup tanpa semua sosmed tersebut sekarang ???

Silakan membuat status 😀